PROGRAM PARTAI MAHASISWA REVOLUSI ( P MAWAR UPN )

Diposting oleh sebastian-Nomor1 on Jumat, 25 Maret 2011

Partai Mahasiswa Revousi ( MAWAR ) adalah partai politik kampus UPN “Veteran” Yogyakarta  yang memperjuangkan kedaulatan mahasiswa, demokratisasi kampus, kehidupan dunia kampus yang dinamis, Mempelopori atmosfer politik kemahasiswaan yang demokratis dan independen ( bab V pasal 6 tentang usaha Anggaran Dasar Partai MAWAR ). Selain itu Partai MAWAR mendorong untuk mengembangkan potensi keilmuan, kepemimpinan, dan sosial politik, berperan aktif dalam dunia kemahasiswaan, perguruan tinggi dan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan berkontribusi untuk revolusi bangsa.


Cita-cita partai ini disemangati oleh gerakan reformasi yang telah berhasil memukul jatuh Orde Baru dan telah merombak serta mentransformasikan tatanan sosial politik ke arah yang lebih demokratis dan memihak pada kedaulatan serta kebutuhan rakyat.

Gerakan reformasi menginspirasi Partai MAWAR untuk menuntaskan dan mewujudkan cita-cita reformasi di dalam dunia kampus bahkan menuju kepada revolusi bangsa yang belum selesai. Pada masa Orde Baru, kampus dikekang dan dipolitisasi sedimikian rupa sehingga kehilangan daya kritis dan fungsi kontrolnya terhadap Negara. Kampus, dijadikan kaki tangan dan media sosialisasi kebijakan-kebijakan pemerintah. Dampaknya adalah matinya demokrasi kampus. Karena itu, bagi Partai MAWAR, menuntaskan cita-cita reformasi hingga berarti menghidupkan dan meluruskan demokrasi kerakyatan.

Menuntaskan revolusi meluruskan demokrasi adalah platform perjuangan Partai MAWAR. Platform ini merupakan target juang yang akan dijadikan prioritas utama dalam semua agenda dan program. Untuk mewujudkan target ini, Partai MAWAR akan bersaing dengan partai-partai lain dalam meraih dukungan mahasiswa untuk mencapai kekuasaan. Jika tidak berada dalam posisi pemerintah (BEM), maka partai ini akan mengambil posisi oposisi untuk mencapai target tersebut.

Salah satu agenda reformasi Partai Mahasiswa Revousi adalah menegakkan dan meluruskan konsep Keluarga Mahasiswa. Keluarga Mahasiswa selanjutnya disingkat KM , dan ini adalah proyek revolusi yang belum selesai. KM dibangun untuk menegakkan kedaulatan dan persatuan mahasiswa yang selama ini terfragmentasi dalam sekat-sekat arogansi jurusan, lalu mewujudkan demokrasi kampus, dan kehidupan dunia kampus yang dinamis. Namun, produk yang belum selesai ini sudah mulai dilupakan mahasiswa. Bahkan, mereka kehilangan kepeloporan untuk menyelesaikannya.
Untuk, kontribusi terhadap menuntaskan revolusi bangsa, maka cita-cita revolusi oleh mahasiswa harus segera diwujudkan dengan langkah-langkah demokratik. Mahasiswa Revolusi ini kedepan diharapkan menjadi pelopor-pelopor dalam garis massa yang akan bertugas menjadi agitator dan propagandis untuk memberikan penyadaran akan pentingnya revolusi ditengah terpuruknya situasi bangsa akibat hegemoni rezim kapitalis dan komprador.


II. Visi Partai Mawar
Mengacu pada Visi Partai, maka Misi Partai adalah:

1.      Bidang Politik
- Menjaga tegaknya Keluarga Mahasiswa dengan menerapkan sistem pemerintahan yang demokratis, bersih, dan transparan (good governance) serta meluruskan tatanan dan relasi kelembagaan Keluarga Mahasiswa untuk menjaga proses check and balance sesuai dengan tatanan demokrasi yang menganut konsep three as political. Melakukan revisi undang-undang KM UPN untuk menemukan pola relasi yang tepat antara BEM Universitas – BEM Fakultas - HMJ.  
-  Mendorong terbentuknya lembaga-lembaga swadaya mahasiswa (LSM) yang otonom dan mandiri sebagai manifestasi dari kedaulatan mahasiswa, pilar demokrasi, penyalur aspirasi mahasiswa, dan pengontrol atas berjalannya tatanan perwakilan mahasiswa. 

-  Menegakkan fungsi kontrol BEM dan DPM terhadap kebijakan rektorat dan Negara dengan aktif merespon serta menyikapi isu-isu lokal, nasional, dan internasional
Reposisi kelembagaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di dalam Student Government agar lebih sesuai dengan kelembagaan trias politica serta mendorong terciptanya kualitasi dan mutu UKM sebagai media pengembangan skill mahasiswa.
-  Melaksanakan referendum sebagai prinsip dan mekanisme. Referendum dalam hal ini adalah wujud dari pelaksanaan partisipasi demokratik setiap mahasiswa dalam menentukan kehidupan ekonomi, sosial dan politik di kampus. 

-  Kuota 50% bagi perempuan dalam lembaga – lembaga kampus.
Sisa – sisa budaya patriarkhi dan feodalisme yang masih melekat pada sistem sosial masyarakat kita, membuat kebanyakan kaum perempuan merasa tidak berkepentingan untuk berpartisipasi dalam organisasi. Maka dari itu, kuota 50% ini digunakan untuk mengikis sisa – sisa budaya patriarkhi dan feodalisme serta meningkatkan peran serta kaum perempuan. 
-  Menjadikan Fungsi DPM sebagai wadah aspirasi perwakilan dan legislasi dalam setiap UU kemahasiswaan dan dilibatkan dalam rumusan aturan-aturan yang berkaitan tentang kemahasiswaan. 

2. Bidang Pendidikan
-  Aktif menganalisa, mengkaji, dan menuntut perubahan kurikulum-kurikulum yang dipandang tidak sesuai dan tidak dibutuhkan di masing-masing jurusan. Di samping itu, mendorong BEM dan semua mahasiswa untuk menuntut agar perwakilan mahasiswa terlibat dalam perumusan kurikulum. 
-  Menuntut tenaga pengajar (dosen) yang betul-betul berkualitas dan mempuni di bidangnya. 
-  Menuntut pendirian laboratorium program studi di masing-masing jurusan sebagai media pengembangan lembaga research dan ilmu pengetahuan. 
-  Menciptakan sistem belajar-mengajar yang kondusif dengan mendorong terbentuknya forum-forum studi dan diskusi-diskusi publik di kampus. 
-  Membangkitkan iklim dan gairah berorganisasi mahasiswa dengan menuntut agar oraganisasi ekstra kampus diberikan ruang promosi dan diperbolehkan menggunakan fasilitas-fasilitas kampus. 
-  Menuntut kesejahteraan bagi tenaga pengajar, buruh serta karyawan di kampus. 
-  Menuntut dihapuskannya kebijakan presensi 85% untuk diganti dengan kebijakan yang lebih rasional dalam meningkatkan kualitas mahasiswa.

WUJUDKAN PEMERINTAHAN MAHASISWA YANG BERSIH, ILMIAH, FEMINIS, DEMOKRATIS, EKOLOGIS SERTA MODERN !
HIDUP MAHASISWA !

Berdarah Juang untuk Revolusi...

MAWAR UNTUKMU, UNTUKMU REVOLUSI .

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar